Apa Itu Crisis Communication ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Crisis Communication adalah proses komunikasi yang dilakukan oleh sebuah organisasi ketika menghadapi situasi krisis, seperti penyebaran berita palsu, embel-embel buruk, liburan tidak terduga, skandal, dan sebagainya. Dengan menggunakan strategi komunikasi yang tepat, organisasi dapat menghadapi situasi krisis dan mencegah masalah menjadi lebih buruk. Strategi crisis communication meliputi mengumpulkan dan menyebarkan informasi yang akurat, menjaga kerahasiaan, menyelesaikan masalah dengan cepat, dan bekerja sama dengan pihak luar untuk meredam tekanan.

Jenis - Jenis Crisis Communication

  • Komunikasi Darurat
  • Komunikasi Upaya Penyelamatan
  • Komunikasi Pengaturan Perilaku
  • Komunikasi Intelektual
  • Komunikasi Restoratif
  • Komunikasi Pemulihan

Contoh - Contoh Crisis Communication

  • Mengkomunikasikan manajemen krisis kepada staf, karyawan, dan pelanggan.
  • Mengkomunikasikan informasi yang akurat kepada audiens penting.
  • Mengidentifikasi tindakan manajemen krisis yang efektif.
  • Membangun hubungan yang membangun kepercayaan dengan audiens.
  • Menciptakan strategi komunikasi yang efektif dan tepat waktu.
  • Memastikan interaksi dengan audiens dijalankan dengan profesionalisme.
  • Memastikan bahwa komunikasi yang dijalankan dapat memberikan impact yang nyata.
  • Membuat dan mengikuti strategi komunikasi yang efektif dan inovatif.
  • Menjaga reputasi perusahaan melalui komunikasi krisis yang efektif.
  • Membangun kepercayaan publik dan menjaga reputasi perusahaan.