Apa Itu Influencer Marketing ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Influencer marketing adalah metode pemasaran yang menggunakan pengaruh orang yang memiliki kekuatan ini di pasar untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu. Influencer adalah seorang atau grup yang memiliki pengaruh yang besar dan kredibilitas di komunitas tertentu. Mereka melibatkan diri dalam berbagi informasi dan memasarkan produk atau layanan sehingga dapat memengaruhi jutaan konsumen. Melalui kolaborasi dengan influencer, perusahaan dapat meraih berbagai manfaat, termasuk menambah jangkauan pemasaran, membangun trust, dan memperoleh kesadaran merek.

Jenis - Jenis Influencer Marketing

  • Influencer Berbasis Niche
  • Micro-Influencer
  • Influencer Berbasis Konten
  • Influencer Berbasis Data
  • Influencer Berbasis Suara

Contoh - Contoh Influencer Marketing

  • Membuat produk dan layanan influencer yang berfokus pada teknologi terbaru.
  • Menggunakan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu.
  • Menggunakan influencer untuk membangun dan memelihara jaringan relasi pelanggan.
  • Menggunakan influencer untuk mengembangkan keahlian dan pengetahuan yang berhubungan dengan produk atau layanan.
  • Menggunakan influencer untuk meningkatkan branding dan pemasaran suatu produk atau layanan.