Apa Itu Algoritma Sosial Media ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Algoritma Sosial Media adalah proses otomatis untuk mengoptimalkan conten sosial media, mengurutkan konten sosial media, dan menampilkan konten yang dianggap paling relevan, sesuai dengan preferensi pengguna. Algoritma Sosial Media mengumpulkan data dari pengguna, lalu memproses informasi yang relevan, menganalisis tindakan-tindakan sosial media, dan memilih konten sosial media yang paling relevan untuk ditampilkan kepada pengguna.

Jenis - Jenis Algoritma Sosial Media

  • Algoritma Rekomendasi
  • Algoritma Klasifikasi
  • Algoritma Pencarian
  • Algoritma Clustering
  • Algoritma Klastering Geografis
  • Algoritma Pengorganisasian Konten
  • Algoritma Pengukuran Keterlibatan
  • Algoritma Prediksi Tingkat Aktifitas
  • Algoritma Prediksi Tingkat Tinggi/Rendah
  • Algoritma Pengenalan Pola

Contoh - Contoh Algoritma Sosial Media

  • 1. Petugas kesehatan mengupload informasi tentang pencegahan penyebaran Covid-19 di media sosial.
  • 2. Pengguna membagikan informasi ini di akun-akun dan grup-grup mereka.
  • 3. Pengguna menggunakan hashtag untuk membuat postingan ini jadi populer dan mudah ditemukan.
  • 4. Petugas kesehatan menjawab pertanyaan tentang informasi di kolom komentar.
  • 5. Algoritma sosial media meng-otimalkan efektifitas postingan ini dengan menyarankan iklan atau konten lainnya yang relevan.
  • 6. Pengguna mengikuti informasi tambahan dan berkontribusi dalam diskusi atau debat publik tentang masalah yang ada.
  • 7. Algoritma sosial media menetapkan tema topik popular, seperti sampah di laut, dan menggunakannya sebagai suara komunitas.