Apa Itu Pemasaran Afiliasi ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Pemasaran Afiliasi adalah suatu model bisnis yang menciptakan hubungan strategis antara pemilik produk / layanan dan seorang publisher atau afiliasi. Dalam model ini, publisher atau afiliasi menerima imbalan berdasarkan hasil yang dicapai dari menampilkan iklan, mengirimkan tautan atau banner yang terhubung dengan situs web pemilik produk atau layanan. Imbalan yang diberikan bisa berupa biaya per klik atau persentase dari produk / layanan yang dijual. Pemilik produk / layanan menawarkan pemasaran afiliasi sebagai salah satu opsi untuk meningkatkan penjualan. Afiliasi mempromosikan produk atau layanan pemilik mereka dan menerima komisi setiap kali penjualan berhasil dilakukan.

Jenis - Jenis Pemasaran Afiliasi

  • Pemasaran Afiliasi Yang Penuh Sumberdaya
  • Pemasaran Afiliasi Paket Program
  • Pemasaran Afiliasi Pay-Per-Click
  • Pemasaran Afiliasi Saluran Jaringan
  • Pemasaran Afiliasi Pemeringkatan Periklanan
  • Pemasaran Afiliasi Pay-Per-Sale
  • Pemasaran Afiliasi Pay-Per-Lead
  • Pemasaran Afiliasi Penghibur
  • Pemasaran Afiliasi Gabungan

Contoh - Contoh Pemasaran Afiliasi

  • Pembuatan dan pemasaran website afiliasi.
  • Menggunakan media sosial dan promosi digital untuk mempromosikan produk afiliasi.
  • Menggunakan iklan PPC dan banner untuk beriklan di website lainnya.
  • Membuat artikel blog dan ulasan afiliasi tentang produk-produk yang Anda promosikan.
  • Membuat video dan podcast afiliasi tentang produk-produk yang Anda promosikan.
  • Memasang iklan di forum dan milis diskusi.
  • Menggunakan email marketing untuk mengirimkan tawaran afiliasi ke pelanggan yang telah Anda kumpulkan sebelumnya.
  • Membuat konten berkualitas tinggi di website dan blog afiliasi Anda.