Apa Itu CRM ? Pengertian, Jenis & Contohnya

CRM (Customer Relationship Management) adalah suatu proses yang memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun dan memelihara hubungan yang kuat antara suatu organisasi dengan pelanggannya. Ini termasuk penggunaan strategi bisnis, proses, sistem dan teknologi untuk memahami kebutuhan pelanggan secara lebih baik dan untuk berinteraksi dengan mereka untuk membangun sebuah hubungan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. CRM memungkinkan perusahaan menggunakan informasi yang tersedia tentang pelanggan dan pasar potensial untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan laba, dan membuat mereka lebih dapat bersaing. CRM juga membantu perusahaan untuk memelihara hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, menjaga tingkat kepuasan pelanggan, dan mendeteksi masalah pelanggan yang ada.

Jenis - Jenis CRM

  • CRM Berorientasi Akuntansi (Accounting Oriented CRM)
  • CRM Berbasis Proses Bisnis (Business Process-Based CRM)
  • CRM Berbasis Teknologi (Technology-Based CRM)
  • CRM Berbasis Pengguna (User-Based CRM)
  • CRM Berbasis Pelanggan (Customer-Based CRM)
  • CRM Berbasis Penjualan (Sales-Based CRM)
  • CRM Berbasis Marketing (Marketing-Based CRM)

Contoh - Contoh CRM

  • OpenCRM Indonesia
  • CRM Terbaik Indonesia
  • CRM Multiguna Indonesia
  • CRM Online Indonesia
  • Sistem Manajemen Pelanggan (CMS)
  • CRM Orang Tua Indonesia
  • CRM Bisnis Indonesia
  • Software Customer Relationship Management (CRM)
  • CRM Berbasis Web Indonesia
  • SmartCRM