Apa Itu Optimisasi Konversi (conversion Optimization) ? Pengertian, Jenis & Contohnya

adalah sebuah praktik atau proses pembuatan, implementasi dan pengukuran perubahan pada website atau aplikasi untuk meningkatkan tingkat respons atau konversi (yaitu: apa yang ingin Anda capai dari pengunjung Anda). Tujuan akhir optimisasi konversi adalah untuk meningkatkan profit (jumlah uang yang Anda hasilkan dari website Anda). Optimisasi konversi melibatkan metode tertentu seperti peningkatan Pemahaman Target yang lebih baik, mengidentifikasi kesulitan pengguna dalam menggunakan situs atau aplikasi, menyempurnakan proses pembayaran atau pendaftaran, meningkatkan tingkat konversi atau pembelian, dan meningkatkan pengujian dan pembelajaran.

Jenis - Jenis Optimisasi Konversi (conversion Optimization)

  • Optimasi Peningkatan Tingkat Klik (Click Through Rate Optimization / CTR Optimization)
  • Optimasi Peningkatan Tingkat Konversi (Conversion Rate Optimization / CRO)
  • Optimasi Tingkat Penjualan (Sales Optimization)
  • Optimasi Tingkat Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Optimization)
  • Optimasi Bot dan Machine Learning (Bot & Machine Learning Optimization)

Contoh - Contoh Optimisasi Konversi (conversion Optimization)

  • Meningkatkan pengalaman pengguna (User Experience) halaman situs web, termasuk tata letak, navigasi, dan desain.
  • Menggunakan pemetaan konten untuk membuat informasi yang lebih mudah untuk ditemukan.
  • Memusatkan pada konten yang relevan berkaitan dengan tujuan pemasarannya.
  • Menggunakan teknik pemrograman yang optimal, seperti kompresi file dan caching.
  • Memilih font yang bervariasi dan menarik untuk membuat halaman website yang lebih menarik dan mudah dibaca.
  • Meningkatkan konten yang berfokus pada pengalaman pengguna, termasuk gambar, video, dan grafis.
  • Membuat tujuan jelas bagi pengunjung situs web, berupa konten, informasi, produk, dan jasa yang ditawarkan.
  • Meningkatkan kecepatan loading halaman situs web.
  • Membuat versi mobile-friendly dari website.