Apa Itu Nilai Tambah ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Nilai tambah adalah konsep yang merujuk kepada sejauh mana hubungan antara biaya, nilai, dan nilai guna dapat ditingkatkan melalui suatu proses, produk atau jasa. Nilai tambah dapat dianggap sebagai dasar bagi seluruh proses pemasaran. Nilai tambah menuntut adanya keunggulan kompetitif untuk dapat dicapai dan dipertahankan. Nilai tambah juga mencakup manajemen hubungan dan pelayanan pelanggan. Konsep nilai tambah sangat erat hubungannya dengan manajemen kualitas dan prosedur Six Sigma.

Jenis - Jenis Nilai Tambah

  • Keunikan
  • Aplikasi
  • Kemampuan
  • Kesetiaan
  • Ketekunan
  • Keadilan
  • Keramahan
  • Kemampuan beradaptasi
  • Penuh semangat
  • Keterampilan menulis

Contoh - Contoh Nilai Tambah

  • Mempromosikan kegiatan lebih baik di jaringan sosial dengan menggunakan kerangka pemasaran yang komprehensif.
  • Meningkatkan jumlah pelanggan dan mendukung pertumbuhan bisnis dengan berkolaborasi dengan mitra bisnis baru.
  • Meningkatkan angka penjualan melalui tingkat layanan pelanggan yang baik dan menarik.
  • Menciptakan program loyalitas pelanggan untuk meningkatkan kepuasan dan tingkat kepatuhan pelanggan.
  • Secara signifikan menurunkan tingkat kegagalan produk dan biaya dengan menggunakan metode manajemen risiko.