Apa Itu Differentiator / Diferensiasi ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Differentiator atau diferensiasi adalah proses membuat produk atau layanan unik untuk menonjol di antara produk atau layanan pesaing. Proses ini sering digunakan perusahaan untuk meningkatkan daya tarik bagi konsumen, meningkatkan nilai produk atau layanan dan meningkatkan citra merek. Differentiator adalah senjata tajam untuk memilih antara berbagai pesaing, seperti kualitas, harga atau lokasi. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati agar layanan atau produk berbeda dari pesaing, tetapi tetap relevan dengan kebutuhan pengguna.

Jenis - Jenis Differentiator / Diferensiasi

1. Jenis-jenis Differentiator:
  • Differentiator Harga: Menawarkan produk atau layanan dengan harga yang lebih rendah daripada pesaingnya.
  • Differentiator Kualitas: Menawarkan produk atau layanan berkualitas tinggi yang melebihi standar industri.
  • Differentiator Unik: Menawarkan produk atau layanan yang unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.
  • Differentiator Pelayanan: Menawarkan pelayanan yang luar biasa untuk memastikan kepuasan pelanggan.
  • Differentiator Pengetahuan: Menawarkan keahlian dan pengetahuan yang besar dan berharga untuk membantu pelanggan.
  • Differentiator Kepercayaan: Memberikan rendahnya tingkat risiko bagi pelanggan dengan menawarkan garansi dan pengembalian uang.

Contoh - Contoh Differentiator / Diferensiasi

  • Diferensiasi berdasarkan Harga: Menawarkan produk atau layanan berbeda dengan harga yang berbeda.
  • Diferensiasi berdasarkan Pelayanan: Memberikan perbedaan pelayanan untuk menarik pelanggan.
  • Diferensiasi berdasarkan Distribusi: Mencari manfaat efisiensi dengan memilih jalan distribusi yang berbeda.
  • Diferensiasi berdasarkan Fitur: Menawarkan produk dengan fitur-fitur yang berbeda.