Apa Itu Strategi Pemasaran (marketing Strategy) ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang telah dibuat untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Strategi pemasaran mencakup pemilihan pasar sasaran, penyusunan posisi produk/jasa, serta pembentukan komunikasi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran mencakup pembuatan tujuan dan merencanakan bagaimana mencapai tujuan-tujuan tersebut. Hal ini juga meliputi pemilihan pasar yang sesuai, merencanakan strategi harga, melakukan pemilihan strategi pemasaran, menentukan dan merencanakan saluran distribusi yang tepat, serta merencanakan kegiatan promosi. Strategi pemasaran adalah bagian penting dari rencana pemasaran dan merupakan bagian dari strategi bisnis yang lebih luas.

Jenis - Jenis Strategi Pemasaran (marketing Strategy)

  • Strategi Penjualan (Sales Strategy)
  • Strategi Branding (Branding Strategy)
  • Strategi Digital (Digital Strategy)
  • Strategi Pengembangan Produk (Product Development Strategy)
  • Strategi Pemasaran Bertujuan (Objective-based Marketing Strategy)
  • Strategi Pemasaran Jangka Panjang (Long-term Marketing Strategy)
  • Strategi Pemasaran Komunikasi (Communication Marketing Strategy)
  • Strategi Pemasaran Fokus (Focus Marketing Strategy)
  • Strategi Pemasaran Integrasi (Integrated Marketing Strategy)
  • Strategi Pemasaran Interaktif (Interactive Marketing Strategy)
  • Strategi Pemasaran Pelebaran Pasar (Market Expansion Strategy)
  • Strategi Pemasaran Simultan (Simultaneous Marketing Strategy)

Contoh - Contoh Strategi Pemasaran (marketing Strategy)

  • Menciptakan brand awareness (pengetahuan tentang produk) melalui media sosial dan komunikasi digital.
  • Meningkatkan kesadaran tentang produk dengan menggunakan iklan, promosi dan email marketing.
  • Mengembangkan strategi pemasaran baru dengan menggunakan teknologi terkini.
  • Mendanai penelitian dan pengembangan produk baru.
  • Mengadopsi strategi pemasaran cross-sell dan up-sell.
  • Menggunakan lokasi geografis sebagai basis untuk campuran pemasaran.
  • Menciptakan hubungan berkelanjutan dengan pelanggan dengan memberikan layanan tambahan.
  • Menciptakan keunggulan bersaing dengan mengutamakan kualitas produk dan layanan.
  • Mendapatkan umpan balik pelanggan dan membangun brand melalui konten yang relevan.