Apa Itu Personalisasi (personalization) ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Personalisasi adalah proses menyesuaikan pengalaman pengguna dengan pengaturan dan preferensi individu. Ini melibatkan analisis data yang dikumpulkan dari pengguna untuk membedakan antara pengunjung berbeda dan mengubah konten, fungsi, atau tampilan website atau aplikasi mereka untuk menyesuaikan pengalaman berdasarkan preferensi, tujuan, dan perilaku masing-masing orang. Ini juga dapat dijadikan sebagai cara untuk memperkuat hubungan pemasok dan pelanggan, karena dapat meningkatkan jangkauan bisnis dan meningkatkan lisensi secara keseluruhan.

Jenis - Jenis Personalisasi (personalization)

  • Personalisasi Berdasarkan Lokasi: Menyesuaikan konten dan tawaran berdasarkan lokasi pengguna.
  • Personalisasi Berdasarkan Sejarah: Mengumpulkan data sejarah pengguna dan menyasar mereka dengan produk yang relevan.
  • Personalisasi Berdasarkan Rentang Usia: Menyesuaikan konten dengan usia pemirsa.
  • Personalisasi Berdasarkan Preferensi: Menyesuaikan konten sesuai dengan minat pengguna.
  • Personalisasi Berdasarkan Gender: Menyesuaikan konten dengan gender pengguna.
  • Personalisasi Berdasarkan Perilaku: Menyesuaikan konten berdasarkan perilaku pengguna.

Contoh - Contoh Personalisasi (personalization)

1. Personalisasi produk:
  • Memperbolehkan pengguna memilih konfigurasi produk yang berbeda
  • Mempersingkat waktu pengguna untuk membuat produk dengan spesifikasi yang berbeda
  • Membuat pengalaman pengguna lebih menyenangkan dan personal
2. Personalisasi konten:
  • Menargetkan konten berdasarkan lokasi pengguna
  • Menyesuaikan konten ke preferensi pengguna
  • Menawarkan konten yang relevan dengan topik yang sedang dibahas