Apa Itu Market Research ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Market research adalah proses yang digunakan oleh organisasi untuk mengumpulkan informasi tentang produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada pasar, termasuk pasar yang dituju, potensi pangsa pasar, dan hal-hal lain yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan. Proses ini mencakup penelitian primitif, seperti survei, wawancara, dan focus group, serta data sekunder, seperti analisis perilaku pelanggan, analisis pasar, dan analisis laporan. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk membantu organisasi mengambil keputusan yang tepat tentang barang atau jasa yang mereka tawarkan.

Jenis - Jenis Market Research

  • Pelacakan Pasar
  • Penelitian Konsumen
  • Penelitian Kelompok Fokus
  • Penelitian Lapangan
  • Penelitian Deskriptif
  • Penelitian Kualitatif
  • Penelitian Kuantitatif
  • Penelitian Jangka Panjang
  • Penelitian Jangka Pendek

Contoh - Contoh Market Research

  • Mempelajari tren yang saat ini sedang berlangsung di pasar melalui survei konsumen.
  • Memonitor perubahan tingkat penawaran dan permintaan untuk produk tertentu.
  • Mengidentifikasi rasa dan preferensi konsumen melalui penelitian acak.
  • Mengevaluasi aktivitas pasar dan kompetitor dengan pola perilaku konsumen.
  • Memahami biaya untuk mencapai target pasar dengan menganalisis potensi komunitas.