Apa Itu Customer Segmentation ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Customer segmentation adalah proses pemetaan pelanggan ke dalam beberapa kelompok berbeda yang berbeda berdasarkan karakteristik tertentu. Segmentasi pelanggan memungkinkan bisnis untuk menyajikan produk atau layanan yang lebih relevan dan didasarkan pada kebutuhan konsumen. Metode segmentasi pelanggan dapat dipecah menjadi segmentasi berdasarkan karakteristik demografis, psikografis, geografis, perilaku, dan loyalitas. Melalui segmentasi pelanggan, perusahaan dapat menentukan arah dan meningkatkan strategi pemasaran mereka untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Jenis - Jenis Customer Segmentation

  • Segmentasi Berdasarkan Usia : Membagi pelanggan berdasarkan usia yang relevan, seperti anak-anak, remaja, dewasa dan lansia.
  • Segmentasi Berdasarkan Gender : Membagi pelanggan berdasarkan jenis kelamin, seperti pria, wanita dan gender non-binar.
  • Segmentasi Berdasarkan Lokasi : Membagi pelanggan berdasarkan lokasi, seperti alamat, wilayah geografis, atau kode pos.
  • Segmentasi Berdasarkan Pendapatan : Membagi pelanggan berdasarkan tingkat pendapatan atau klasifikasi ekonomi.
  • Segmentasi Berdasarkan Pembelian : Membagi pelanggan berdasarkan jumlah dan jenis pembelian inggris yang mereka lakukan.
  • Segmentasi Berdasarkan Kebiasaan : Membagi pelanggan berdasarkan kebiasaan online, seperti jenis produk yang paling mereka beli, jenis iklan atau konten yang paling mereka klik, atau waktu yang paling mereka habiskan dalam apps atau website.
  • Segmentasi Berdasarkan Minat : Membagi pelanggan berdasarkan minat dan kepentingan mereka, seperti gaya hidup, film atau musik favorit, dan platform media sosial pilihan.

Contoh - Contoh Customer Segmentation

  • Segmentasi Berdasarkan Usia: Membagi pelanggan berdasarkan usia, seperti anak-anak, remaja, orang dewasa, dan lansia.
  • Segmentasi Berdasarkan Jenis Kelamin: Membagi pelanggan berdasarkan jenis kelamin, seperti laki-laki dan perempuan.
  • Segmentasi Berdasarkan Lokasi: Membagi pelanggan berdasarkan lokasi, seperti di wilayah tertentu atau negara tertentu.
  • Segmentasi Berdasarkan Gaji: Membagi pelanggan berdasarkan gaji, seperti berpenghasilan rendah, berpenghasilan menengah, atau berpenghasilan tinggi.
  • Segmentasi Berdasarkan Penggunaan Produk: Membagi pelanggan berdasarkan seberapa sering mereka menggunakan produk atau layanan, seperti pengguna baru, pengguna reguler, atau pengguna tingkat lanjut.