Apa Itu Growth Hacking ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Growth hacking adalah strategi pemasaran efektif yang berfokus pada pertumbuhan jangka pendek. Pendekatan Growth Hacking memiliki efektivitas yang lebih tinggi daripada pemasaran konvensional, karena berfokus pada tujuan jangka pendek yang pertumbuhannya dapat langsung dinilai. Dalam Growth Hacking, proses pemasaran ditingkatkan dengan cara yang tidak dapat dicapai oleh metode pemasaran konvensional. Strategi Growth Hacking dapat mencakup berbagai aktivitas dari peningkatan rasa ingin tahu terhadap produk sampai peningkatan pengguna aktif dan konversi. Dengan Growth Hacking, organisasi dapat beradaptasi dengan cepat dan menentukan titik ideal untuk mencapai ekspansi yang lebih cepat.

Jenis - Jenis Growth Hacking

  • Peningkatan Visibilitas Online
  • Penciptaan Brand Awareness
  • Peningkatan Traffic dan Engagement
  • Peningkatan Pengguna Baru
  • Perbaikan Produk dan Layanan
  • Mencari Teknik Optimasi A/B
  • Perbaikan Penurunan Biaya
  • Optimasi Pencarian dan SEO
  • Penggunaan Teknologi Terbaru
  • Peningkatan Penjualan

Contoh - Contoh Growth Hacking

  • Menggunakan SEO untuk meningkatkan trafic website dan meningkatkan penjualan.
  • Membuat konten yang menarik untuk mendorong orang berbagi kepada teman-temannya.
  • Menggunakan media sosial untuk promosi dan membentuk hubungan dengan audiens.
  • Menggunakan platform lain sebagai bentuk promosi.
  • Menggunakan analisis data untuk mengukur kinerja platform digital.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna dengan teknik split-testing dan A/B testing.
  • Mengimplementasikan sistem referral untuk memberikan bonus kepada pelanggan.
  • Mengadopsi teknik cold-emailing untuk menjangkau orang yang berpotensi.
  • Mengiklankan produk atau layanan di situs web tertarget.