Apa Itu Kebijakan Retur ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Kebijakan Retur merupakan kebijakan yang mengatur tentang kelanjutan proses pengembalian barang yang sudah dibeli oleh pelanggan. Kebijakan ini secara khusus menetapkan jenis barang dan jangka waktu dalam bentuk hari dimana pelanggan dapat memilih untuk mengembalikan barang dan menerima pengembalian uang. Kebijakan retur memiliki tujuan untuk menghindari kekecewaan pelanggan mengenai kualitas barang yang diterima. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan menghindari penipuan atau penipuan. Kebijakan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk bisnis karena orang yang merasa yakin bahwa mereka dapat mengembalikan barang yang tidak mereka sukai akan lebih cenderung membeli barang tersebut.

Jenis - Jenis Kebijakan Retur

  • Kebijakan Retur Jangka Waktu Tertentu
  • Kebijakan Retur Uang Tunai
  • Kebijakan Retur Pembelian Ulang
  • Kebijakan Retur Kraftangan
  • Kebijakan Retur Barang Tidak Sesuai Pesanan
  • Kebijakan Retur Asuransi

Contoh - Contoh Kebijakan Retur

  • Pelanggan memiliki 14 hari kalender, terhitung sejak tanggal penerimaan, untuk mengembalikan produk yang dibeli kepada kami tanpa alasan tertentu.
  • Barang harus dikembalikan dalam keadaan aslinya, tanpa cacat, tidak diubah, dan lengkap dengan seluruh komponen dan aksesori.
  • Kami akan mengembalikan biaya yang telah dibayarkan oleh pelanggan dalam 14 hari setelah kami menerima kembali produk.
  • Biaya pengiriman akan dibebankan kepada pelanggan.