Apa Itu Chatbot ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Chatbot adalah sebuah perangkat lunak yang didesain untuk melakukan interaksi dengan pengguna melalui suatu antarmuka berbasis teks atau berbasis suara. Chatbot dapat digunakan untuk tujuan hiburan, informasi, transaksi jual beli, dukungan pelanggan dan lainnya. Chatbot merupakan salah satu bentuk alat Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction atau HCI) yang paling maju dan bermanfaat, dimana antarmuka berupa teks dan suara dapat memberikan respons yang cepat dan akurat. Chatbot dapat memahami kata-kata yang digunakan pengguna dan mencerminkannya sebagai suatu tindakan, respons atau operasi yang harus dilakukan.

Jenis - Jenis Chatbot

  • Chatbot Rule-Based (Berbasis Aturan)
  • Chatbot Machine Learning
  • Chatbot Berdasarkan Tujuan
  • Chatbot Bergerak Pelan
  • Chatbot Berbasis Alami
  • Chatbot Berbasis Suara

Contoh - Contoh Chatbot

  • Kecerdasan Buatan: Chatbot yang dapat memahami bahasa normal dan mengirim jawaban secara otomatis berdasarkan informasi yang tersedia.
  • Remaja: Bot berbasis teks yang berfokus untuk menjawab pertanyaan remaja tentang kehidupan remaja dan berbincang dengan mereka.
  • Berita Terkini: Chatbot yang membantu pengguna mendapatkan berita terbaru dengan cepat dan akurat.
  • Asisten Pribadi: Bot yang dapat membantu pengguna dalam banyak hal, mulai dari menemukan cabang bank hingga mengalokasikan dana.
  • Asisten Komputer: Chatbot yang dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas komputer, seperti membuat dokumen, mengelola file, dan banyak lagi.