Apa Itu Target Pasar ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Target pasar adalah sekelompok pelanggan yang diminati atau dituju oleh sebuah perusahaan dengan produk atau jasa tertentu untuk tujuan meningkatkan penjualannya. Target pasar adalah grup spesifik pelanggan yang direncanakan oleh perusahaan untuk menjangkau dengan strategi pemasaran. Proses menentukan target pasar meliputi identifikasi dan segmentasi pasar, menganalisa target pasar, memilih target pasar, dan mengkomunikasikan nilai untuk target pasar. Tujuan dari ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan profitabilitas secara keseluruhan.

Jenis - Jenis Target Pasar

  • Anak-Anak
  • Remaja
  • Pemuda
  • Orang Dewasa
  • Orang Tua

Contoh - Contoh Target Pasar

  • Remaja usia 16 - 25 tahun
  • Pekerja swasta dengan gaji rata-rata
  • Profesional muda di sektor teknologi
  • Penduduk kota dengan pendidikan menengah atas
  • Pengguna internet yang mencari produk atau layanan berkualitas tinggi
  • Pelancong domestik yang mencari harga diskon
  • Pengusaha kecil yang mencari pendanaan atau asuransi