Apa Itu Strategi Pemasaran ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan yang digunakan oleh organisasi untuk mencapai tujuan pasarnya. Biasanya, strategi pemasaran berfokus pada peningkatan penjualan dan pemasaran produk atau jasa. Strategi pemasaran melibatkan pengujian pasar, penyebaran informasi melalui media, dan pengembangan komunikasi yang menarik bagi calon konsumen tertentu. Strategi pemasaran juga dapat berfokus pada pengurangan biaya, serta mengidentifikasi pasar baru dan cara untuk memasuki pasar tersebut. Dengan demikian, strategi pemasaran dapat mencakup sejumlah besar aktivitas, yang dapat termasuk dalam strategi yang lebih besar untuk mencapai tujuan organisasi.

Jenis - Jenis Strategi Pemasaran

  • Pemasaran Langsung
  • Pemasaran Jaringan
  • Pemasaran Afiliasi
  • Pemasaran Konvensional
  • Pemasaran Media Sosial
  • Pemasaran Strategis
  • Pemasaran Luar Ruang
  • Pemasaran Internal
  • Pemasaran Periklanan
  • Pemasaran Rebranding

Contoh - Contoh Strategi Pemasaran

  • Meluncurkan kegiatan seo di media sosial untuk meningkatkan jangkauan
  • Memproduksi konten yang relevan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Membangun kolaborasi dengan bloger dan personel media untuk meningkatkan visibilitas produk
  • Mempromosikan produk melalui email marketing yang disesuaikan dengan segmentasi pasar
  • Menciptakan kupon dan promo untuk menarik pelanggan baru
  • Menjalankan kampanye display tersegmentasi melalui jejaring pemasaran online
  • Mengembangkan strategi cross-promosi melalui gabungan dengan vendor dan industri terkait
  • Membangun hubungan relasi dengan pengguna media sosial untuk meningkatkan daya tarik dan pembelian