Apa Itu Retensi Pelanggan (customer Retention) ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Retensi pelanggan adalah proses mempertahankan pelanggan yang sudah ada melalui menghadirkan nilai tambah, konten yang spesifik, dan interaksi yang lebih baik. Retensi pelanggan adalah strategi bisnis yang berfokus pada membangun kepemilikan konsumen yang lebih lama dengan tujuan untuk menurunkan biaya dan membangun loyalitas. Retensi pelanggan merupakan bagian penting dalam manajemen hubungan pelanggan, karena membantu perusahaan untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, mempertahankan mereka dengan memperluas potensi penjualan kembali, membangun loyalitas, dan menyediakan nilai tambah bagi pelanggan. Retensi pelanggan juga dapat membantu perusahaan memanfaatkan pasar dengan lebih efisien dan menghindari biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru.

Jenis - Jenis Retensi Pelanggan (customer Retention)

  • Pemasaran Pemulihan (Recovery Marketing)
  • Program Loyalitas (Loyalty Programs)
  • Hubungan Pelanggan (Customer Relationships)
  • Program Referensi (Referral Programs)
  • Kunjungan Ulang (Re-engagement Visits)
  • Pelayanan Pelanggan (Customer Service)
  • Penawaran Khusus (Special Offers)
  • Komunikasi Interaktif (Interactive Communication)

Contoh - Contoh Retensi Pelanggan (customer Retention)

  • Menyediakan program loyalitas bagi pelanggan yang setia.
  • Melakukan follow up melalui email setelah pembelian untuk mengevaluasi pengalaman pelanggan.
  • Menawarkan diskon untuk transaksi berulang bagi pelanggan.
  • Menggelar acara “Open House” atau “Customer Appreciation Day” untuk memperkenalkan produk terbaru kepada pelanggan.
  • Mengadakan “Referral Program” untuk mengundang pelanggan yang telah ada agar mereferensikan bisnis kepada orang lain.