Apa Itu Reputation Management ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Reputation Management adalah strategi yang digunakan untuk mempengaruhi dan memelihara citra, reputasi, dan identitas organisasi, individu, atau produk di dunia maya. Melalui Reputation Management, orang yang bertanggung jawab dapat mengidentifikasi, mengontrol, dan mengurangi dampak negatif dari informasi yang dipublikasikan tentang organisasi, individu, atau produk mereka. Reputation Management juga memungkinkan orang yang bertanggung jawab untuk meningkatkan pengaruh positif dan menciptakan citra baru melalui manajemen media sosial, pembuatan konten, dan strategi SEO.

Jenis - Jenis Reputation Management

  • Manajemen Reputasi Media Sosial
  • Manajemen Pencarian Online
  • Pemantauan Konten
  • Manajemen Isu
  • Kampanye Publikasi Digital
  • Respon dan Interaksi Pelanggan
  • Optimasi Nama Domain
  • Rangkaian Publikasi

Contoh - Contoh Reputation Management

  • Membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan media.
  • Melakukan kampanye citra positif di perusahaan.
  • Monitoring dan menghadapi tekanan eksternal.
  • Mengelola ulasan dan komentar online.
  • Mengelola pengartsif dan konten visual.
  • Melakukan penelitian online untuk mengetahui citra perusahaan.
  • Menggalang dukungan untuk kampanye online.
  • Merekomendasikan dan menjalankan strategi pemasaran digital secara efisien.
  • Melacak laporan dan lainnya sumber informasi yang melaporkan tentang perusahaan.
  • Membangun jejaring sosial yang kuat.