Apa Itu Penyelesaian Pesanan ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Penyelesaian Pesanan adalah proses dimana perusahaan merespons dan menyelesaikan pesanan dari pelanggan, mulai dari menerima pesanan, mengirimkan produk atau layanan, sampai dengan mengkonfirmasi bahwa pesanan telah terpenuhi. Proses ini melibatkan berbagai departemen dan pihak yang terlibat dalam transaksi, mulai dari pemasaran, pengiriman, dan biro keuangan. Hal ini juga mencakup berbagai tahapan seperti pemesanan, proses pengiriman, pembayaran, pengawasan, dan pelacakan. Hal ini penting untuk menjamin bahwa setiap pesanan dipenuhi dengan cara yang tepat dan tepat waktu. Melalui proses ini, pelanggan akan meningkatkan rasa percaya mereka kepada perusahaan dan ini akan mengarah pada peningkatan jumlah pelanggan dan meningkatkan keuntungan bisnis.

Jenis - Jenis Penyelesaian Pesanan

  • Fulfillment : penyelesaian pesanan yaitu proses pengolahan pesanan dari mulai memungut pesanan, pengiriman, sampai penagihan.
  • Drop Shipping : penyelesaian pesanan berupa proses pengiriman barang dan layanan antara pedagang dan pembeli tanpa ada penyimpanan barang ataupun stok.
  • Beli Sekarang dan Bayar Nanti : proses penyelesaian pesanan berupa pembelian barang atau layanan tetapi pembayarannya dapat ditunda sesuai dengan perjanjian diantara pembeli dan penjual.
  • Pre-Order : penyelesaian pesanan berupa pembelian barang atau layanan yang menggunakan sistem proritas berdasarkan urutan pesanan.
  • Pembelian online : proses penyelesaian pesanan berupa pembelian yang dilakukan secara online.

Contoh - Contoh Penyelesaian Pesanan

  • Memeriksa semua pesanan dan mencocokannya dengan stok barang yang tersedia.
  • Menghitung harga total pesanan.
  • Memproses informasi pembayaran.
  • Mengirim konfirmasi pesanan ke pelanggan.
  • Mengirim pesanan ke pembeli dan menyediakan informasi pengiriman.
  • Memantau pesanan hingga selesai dan memberi tahu pelanggan jika ada kendala.
  • Mengikuti upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.