Apa Itu Optimisasi Katalog Produk (product Catalog Optimization) ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Optimisasi katalog produk adalah proses menyusun dan mengorganisir konten produk di sebuah website e-commerce untuk meningkatkan penjualan, penemuan produk, dan interaksi pengguna. Ini bisa dilakukan dengan membuat konten yang responsif dan fokus pada kebutuhan pelanggan, pengoptimalan deskripsi dan gambar produk, menyusun konten untuk memfasilitasi navigasi yang efektif, dan menawarkan jenis filter yang lebih baik untuk mempermudah penemuan produk. Optimisasi katalog dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pencari, seperti SEO, yang akan membantu produk Anda menemukan pagerank yang lebih tinggi di hasil pencarian, sehingga membantu diiklankan di media sosial atau di situs lainnya. Optimisasi katalog produk bertujuan untuk meningkatkan pelanggan yang mengunjungi situs web Anda dan untuk membuat mereka tetap mengunjungi situs web tersebut untuk perdagangan berkelanjutan.

Jenis - Jenis Optimisasi Katalog Produk (product Catalog Optimization)

1. Membantu Bisnis Mencapai Target Penjualan:
  • Mengidentifikasi barang yang paling laku terjual
  • Memvisualisasikan penawaran dengan lebih baik
  • Meningkatkan presentasi barang dengan tepat
  • Membangun konversi yang lebih tinggi dengan memanfaatkan algoritme spesifik
2. Meminimalkan Waktu Load Halaman :
  • Meningkatkan kecepatan loading page
  • Melakukan optimasi caching
  • Mengefisiensikan gambar guna mengurangi kecepatan loading
  • Mengurangi redirects (peningkatan respons pengalaman pengguna)
3. Memaksimalkan SEO :
  • Meningkatkan visibilitas topik konten
  • Menggunakan URL, judul, dan meta deskripsi yang relevan
  • Menulis konten relevant dengan kata kunci yang berhubungan dengan produk
  • Mengatur link intern yang membantu meningkatkan ranking dalam halaman pencarian
4. Memaksimalkan User Experience :
  • Meningkatkan tingkat navigasi
  • Menyederhanakan desain website
  • Membuat layout yang intuitif dan mudah diikuti
  • Menggunakan teknik filter yang efisien
  • Meningkatkan proses pencarian untuk menemukan produk yang tepat

Contoh - Contoh Optimisasi Katalog Produk (product Catalog Optimization)

1. Menggabungkan kategori yang berdekatan: Mempersingkat katalog produk dengan menggabungkan kategori yang berdekatan dan menempatkan produk-produk yang berkaitan dengan kategori yang baru. 2. Mengurangi jumlah subkategori: Mengurangi banyaknya subkategori sehingga mengurangi ruang dan memudahkan navigasi. 3. Menambahkan produk terpopuler dan paling banyak dicari: Gunakan fungsi cari untuk menemukan produk yang paling banyak dicari dan populer. 4. Membuat katalog produk lebih mudah dibaca: Dengan menggunakan susunan terformat rapi dan konten yang informatif membuat katalog produk lebih mudah dibaca dan hal ini juga dapat meningkatkan tingkat konversi. Berikut adalah contoh kode HTML UL-LI untuk Optimisasi Katalog Produk:
  • Menggabungkan kategori yang berdekatan: Mempersingkat katalog produk dengan menggabungkan kategori yang berdekatan dan menempatkan produk-produk yang berkaitan dengan kategori yang baru.
  • Mengurangi jumlah subkategori: Mengurangi banyaknya subkategori sehingga mengurangi ruang dan memudahkan navigasi.
  • Menambahkan produk terpopuler dan paling banyak dicari: Gunakan fungsi cari untuk menemukan produk yang paling banyak dicari dan populer.
  • Membuat katalog produk lebih mudah dibaca: Dengan menggunakan susunan terformat rapi dan konten yang informatif membuat katalog produk lebih mudah dibaca dan hal ini juga dapat meningkatkan tingkat konversi.