Apa Itu Manajemen Produk (product Management) ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Manajemen produk adalah sebuah proses yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan akan produk atau jasa yang ditawarkan. Proses ini mencakup perencanaan, pengembangan, pemasaran, distribusi dan strategi peningkatan penjualan untuk mencapai tujuan bisnis. Proses Manajemen Produk juga merupakan cara untuk memastikan bahwa organisasi fokus pada pelanggan, membantu mereka dalam menemukan produk atau jasa yang dicari, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang baik. Proses ini seharusnya dipimpin oleh tim manajemen produk, yang terdiri dari berbagai disiplin yang berbeda dari organisasi, dan fokus pada produk dan kebutuhan pelanggan.

Jenis - Jenis Manajemen Produk (product Management)

  • Manajemen Pemasaran Produk (Product Marketing Management)
  • Manajemen Kemasan Produk (Product Packaging Management)
  • Manajemen Perencanaan Produk (Product Planning Management)
  • Manajemen Perancangan Produk (Product Design Management)
  • Manajemen Pembelian Produk (Product Purchasing Management)
  • Manajemen Pengembangan Produk (Product Development Management)
  • Manajemen Kualitas Produk (Product Quality Management)
  • Manajemen Harga Produk (Product Pricing Management)
  • Manajemen Jaringan Produk (Product Network Management)
  • Manajemen Pemeliharaan Produk (Product Maintenance Management)

Contoh - Contoh Manajemen Produk (product Management)

  • Merencanakan Strategi Produk
  • Mengidentifikasi Pasar dan Pelanggan
  • Mengevaluasi Ide Produk
  • Membangun dan Meluncurkan Produk Baru
  • Menjaga Harga Produk dan Menurunkan Biaya Produk
  • Memantau Kinerja Produk
  • Mengelola Produk dan Lintas Antar Produk
  • Mengelola Tim Produk
  • Memantau dan Mengukur Kepuasan Pelanggan