Apa Itu Loyalitas Pelanggan ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Loyalitas pelanggan (juga dikenal sebagai kepatuhan pelanggan) adalah perilaku berulang yang mencerminkan akumulasi komitmen yang berkelanjutan dan kuat dari pelanggan terhadap suatu merek, produk, atau jasa. Dengan kata lain, loyalitas adalah ukuran tingkat kecintaan pelanggan terhadap suatu perusahaan atau produk. Loyalitas pelanggan dapat dicapai melalui pengalaman pelanggan yang positif atau lebih baik daripada yang ditawarkan pesaing. Dalam konteks yang lebih luas, loyalitas pelanggan terkait dengan aktivitas bisnis yang secara konsisten meningkatkan nilai pengalaman pelanggan, termasuk harga, kemudahan penggunaan, kualitas produk, dukungan, dan nilai tambah.

Jenis - Jenis Loyalitas Pelanggan

  • Loyalitas Pembelian: menandakan tingkat pembelian yang konsisten dan berulang pada perusahaan yang sama.
  • Loyalitas Brand: menunjukkan preferensi konsumen untuk menggunakan produk merek yang sama di masa mendatang.
  • Loyalitas Promosi: menunjukkan ketertarikan konsumen terhadap promosi yang ditawarkan oleh perusahaan dan peningkatan aktivitas promosi.
  • Loyalitas Social Media: menandakan perhatian konsumen terhadap aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dalam media sosial.
  • Loyalitas Pelanggan: menandakan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dan tingkat pelayanan yang diberikan.

Contoh - Contoh Loyalitas Pelanggan

  • Membeli produk dari perusahaan yang sama secara berulang.
  • Kepuasan dengan produk atau jasa yang diterima.
  • Berpartisipasi dalam program loyalitas atau reward.
  • Berbagi informasi kepada teman / keluarga tentang perusahaan.
  • Kesediaan untuk mengirimkan umpan balik tentang produk atau layanan.
  • Bersedia untuk mengijinkan perusahaan untuk mengontaknya.
  • Membeli produk atau jasa di luar anggaran.
  • Memperbaharui perangkat lunak tanpa mengeluh.