Apa Itu Layanan Pelanggan ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Layanan Pelanggan adalah proses dimana perusahaan berinteraksi dengan konsumen atau pelanggannya untuk memenuhi, mengkonfirmasi, dan mempertahankan kebutuhan konsumen mereka. Layanan Pelanggan disediakan oleh berbagai perusahaan di berbagai jenis industri, melalui berbagai metode seperti telepon, e-mail, pesan instan, dan saluran media sosial. Layanan Pelanggan merupakan bagian penting dari kegiatan bisnis yang bertujuan untuk menjamin bahwa pelanggan yang ada dan baru benar-benar puas dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan melayani pelanggan, perusahaan dapat mengembangkan hubungan jangka panjang yang dapat membawa manfaat bagi bisnis mereka, seperti peningkatan loyalitas pelanggan, peningkatan jumlah penjualan, dan peningkatan keuntungan.

Jenis - Jenis Layanan Pelanggan

  • Pelayanan telepon
  • Live Chat
  • Email Support
  • Taklimat produk
  • Servis tatap muka
  • Pelayanan konsumen
  • Pemantauan pelanggan
  • Pemecahan masalah
  • Pemulihan data
  • Pemantauan data

Contoh - Contoh Layanan Pelanggan

  • Melayani keluhan dan komplain pelanggan
  • Memberikan informasi produk dan pelayanan detail
  • Menerima berbagai pertanyaan dan saran pelanggan
  • Menjaga hubungan baik dan ikatan emosional dengan pelanggan
  • Membantu pelanggan dalam menangani masalah aplikasi atau program
  • Mengatur ulang kembali jawaban untuk pertanyaan dan komplain pelanggan
  • Memonitor dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara berkala
  • Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan cepat dan tepat
  • Memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan