Apa Itu Layanan Pelanggan (customer Service) ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Layanan pelanggan adalah proses yang melibatkan berbagai layanan, termasuk pembelian produk atau jasa, akses informasi, menyelesaikan masalah, memberikan dukungan teknis, dan layanan lainnya yang dapat berguna untuk pelanggan. Secara umum, tujuan dari layanan pelanggan adalah meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan citra merek dan loyalitas. Layanan pelanggan dapat berupa suara, teks, atau interaksi manusia dengan manusia. Layanan pelanggan yang baik dapat berupa percakapan, penawaran instan, survei, data dan jaringan dukungan. Layanan pelanggan juga termasuk layanan telepon dan dukungan online, media sosial, dan langsung. Layanan pelanggan adalah salah satu komponen penting dalam keberhasilan bisnis karena akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Ini juga akan menjadi cara membedakan satu perusahaan dari perusahaan lain.

Jenis - Jenis Layanan Pelanggan (customer Service)

  • Pelayanan Telepon: Menyediakan layanan bantuan pada pelanggan melalui telepon.
  • Pelayanan Live Chat: Menyediakan layanan bantuan pada pelanggan secara langsung dengan menggunakan live chat.
  • Pelayanan Email: Menyediakan layanan bantuan pada pelanggan melalui email.
  • Pelayanan Langsung: Menyediakan layanan bantuan pada pelanggan secara langsung melalui staf.
  • Pelayanan Pertanyaan: Menyediakan layanan jawaban terhadap pertanyaan pelanggan.
  • Pelayanan Penanganan Komplain: Menyediakan layanan dalam menangani keluhan pelanggan.
  • Pelayanan Berbasis Website: Menyediakan layanan bantuan pada pelanggan melalui website.
  • Pelayanan Berbasis Aplikasi: Menyediakan layanan bantuan pada pelanggan melalui aplikasi mobile.

Contoh - Contoh Layanan Pelanggan (customer Service)

  • Membuat panggilan telepon kepada pelanggan untuk memastikan kepuasan pelanggan dan mendengarkan masalah mereka.
  • Mengembalikan panggilan telepon dari pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka.
  • Membalas email atau menangani keluhan dari pelanggan.
  • Menyediakan informasi produk atau layanan kepada pelanggan.
  • Menyelesaikan konflik pelanggan dengan mencari solusi yang memuaskan kedua belah pihak.
  • Melayani kebutuhan pelanggan secara profesional.
  • Membantu pelanggan dalam memecahkan masalah teknis.
  • Membuat laporan berdasarkan masalah saat berinteraksi dengan pelanggan.
  • Menyediakan saran tentang produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.