Apa Itu Komunikasi Strategis ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Komunikasi strategis adalah proses komunikasi yang secara sengaja dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Komunikasi strategis melibatkan sebagian besar elemen manajemen, dan dikonseptualisasikan sebagai sarana bagi para pembuat keputusan untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi strategis dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi yang direncanakan dengan baik dan dilakukan secara sengaja untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Bentuk komunikasi ini merupakan bagian penting dari strategi manajemen dengan melibatkan segala aspek komunikasi, termasuk perencanaan, pembuatan pesan, transmisi, serta feeding back. Komunikasi strategis memiliki beberapa tugas penting, seperti merencanakan, menyampaikan, mendengarkan, dan menanggapi pesan. Strategi komunikasi yang baik akan memungkinkan semua pengguna informasi untuk tetap up to date dengan informasi penting yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Dengan menggunakan strategi komunikasi berkualitas, para pimpinan dapat memastikan bahwa informasi yang diteruskan telah diterima dengan benar, serta melakukan evaluasi untuk mengukur efektivitas strategi komunikasi yang digunakan.

Jenis - Jenis Komunikasi Strategis

  • Komunikasi Internal
  • Komunikasi Eksternal
  • Komunikasi Pengambilan Keputusan
  • Komunikasi Motivasi
  • Komunikasi Pengembangan
  • Komunikasi Penyaluran Informasi
  • Komunikasi Pemasaran
  • Komunikasi Politik
  • Komunikasi Negosiasi
  • Komunikasi Konflik

Contoh - Contoh Komunikasi Strategis

  • Menjalankan tugas komunikasi secara tepat waktu melalui media digital.
  • Menggunakan pendekatan yang tepat dan relevan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
  • Mengoptimalkan pemasaran produk dengan strategi komunikasi yang tepat.
  • Membangun jaringan informasi dan hubungan luas dengan berbagai pihak.
  • Menciptakan jembatan komunikasi yang efektif antara karyawan dan manajemen perusahaan.
  • Membuat konten yang menarik dan membangun citra perusahaan.
  • Menggunakan berbagai cara untuk memastikan bahwa pesan yang diinginkan disampaikan dengan benar.