Apa Itu Jangkauan Pasar ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Jangkauan pasar adalah konsep yang menggambarkan berapa besar andil suatu produk dalam suatu pasar, dan seberapa jauh produk tersebut dengan menembus konsumen potensialnya. Jangkauan pasar juga menggambarkan seberapa berhasil suatu produk memasuki sebuah pasar dan menyaring serta memfokuskan usaha pemasaran, untuk menarik dan memuaskan konsumen. Jangkauan pasar dapat dilihat dari segi jumlah konsumen yang ada di dalam sebuah pasar, lokasi dan metode pemasaran yang digunakan. Jangkauan pasar merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh para pemilik perusahaan, karena jangkauan pasar dapat berdampak pada pendapatan dan laba perusahaan.

Jenis - Jenis Jangkauan Pasar

  • Pasar Sekitar
  • Pasar Lokal
  • Pasar Regional
  • Pasar Nasional
  • Pasar Internasional

Contoh - Contoh Jangkauan Pasar

  • Jangkauan Wilayah: nasional, regional, lokal
  • Jangkauan Usia: anak-anak, remaja, dewasa, lansia
  • Jangkauan Gender: pria, wanita, transgender
  • Jangkauan Pendidikan: pendidikan dasar, menengah atas, perguruan tinggi
  • Jangkauan Sosial Ekonomi: kalangan berpenghasilan rendah, berpenghasilan menengah, berpenghasilan tinggi