Apa Itu Content Marketing ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Content marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang menargetkan penciptaan dan distribusi konten yang bermanfaat dan berkualitas tinggi untuk menarik dan mempertahankan audiens. Konten ini bervariasi dari blog posting, artikel, infografik, video, serta visual dan tulisan lain yang dimaksudkan untuk memengaruhi pengambilan keputusan yang berdampak pada kesuksesan bisnis tertarget. Konten yang dibuat memiliki tujuan untuk menarik, menginspirasi, dan memotivasi audiens sehingga mereka akan membeli atau mengambil jalan lain mereka dalam mengadopsi produk atau layanan yang dibuat oleh organisasi tersebut.

Jenis - Jenis Content Marketing

  • Blog Posting
  • Jejaring Sosial
  • Konten audio
  • Konten Infografis
  • Konten Webinar
  • Konten Video
  • Penyebaran Berita
  • Penulisan Ulasan Produk
  • Media Siaran
  • Pemasaran Konten Melalui E-mail

Contoh - Contoh Content Marketing

  • Membuat artikel blog tentang topik yang berkaitan dengan produk dan layanan Anda.
  • Menggunakan media sosial untuk membagikan konten produk dan layanan Anda.
  • Membuat webinar untuk membicarakan topik-topik yang berhubungan dengan produk dan layanan Anda.
  • Menggunakan Penelitian untuk membuktikan alasan mengapa produk dan layanan Anda sangat bermanfaat.
  • Membuat e-book dan whitepaper yang mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi bagi para konsumen potensial.
  • Membuat video tentang produk dan layanan Anda dan berbagi di YouTube dan media sosial lainnya.
  • Menggunakan teknologi seperti teks berbasis layanan, audio dan visual berbasis layanan untuk membagikan pesan Anda.
  • Menggunakan konten berbasis lokasi untuk menarik audiens lokal.
  • Menggunakan konten interaktif untuk membangun interaksi dengan audiens Anda.
  • Menggunakan konten untuk berinteraksi dengan komunitas online Anda.