Apa Itu Citra Merek ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Citra Merek adalah identitas visual suatu produk atau merek yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen atau khalayak yang lebih luas. Citra merek mencakup hal-hal seperti logo, saluran penjualan, atribut perusahaan, kampanye iklan, dan desain produk. Citra merek dapat membuat perusahaan dan produk terlihat lebih menarik, oleh karena itu menciptakan dan memelihara citra merek yang kuat adalah kunci kesuksesan jangka panjang bagi perusahaan.

Jenis - Jenis Citra Merek

  • Citra Logam - Logo yang dibuat untuk merepresentasikan merek secara visual dengan menggunakan grafik dan simbol logam.
  • Citra Garis - Logo yang dibuat untuk merepresentasikan merek secara visual dengan menggunakan garis dan bentuk garis.
  • Citra Foto - Logo yang dibuat untuk merepresentasikan merek secara visual dengan menggunakan foto dan bentuk-bentuk lain.
  • Citra 3D - Logo yang dibuat untuk merepresentasikan merek secara visual dengan menggunakan bentuk-bentuk dan warna 3-dimensi.
  • Citra Ilustrasi - Logo yang dibuat untuk merepresentasikan merek secara visual dengan menggunakan ilustrasi, gambar dan bentuk-bentuk lain.
  • Citra Kata-Kata - Logo yang dibuat untuk merepresentasikan merek secara visual dengan menggunakan kata-kata, tulisan dan huruf-huruf.
  • Citra Komposit - Logo yang dibuat untuk merepresentasikan merek secara visual dengan menggunakan komposisi dari berbagai jenis citra.
  • Citra Warna - Logo yang dibuat untuk merepresentasikan merek secara visual dengan menggunakan warna-warna tertentu.

Contoh - Contoh Citra Merek

  • Logo Tokopedia
  • Logo BNI
  • Logo Telkomsel
  • Logo Gojek
  • Logo Indomaret
  • Logo XL
  • Logo Bank Mandiri
  • Logo KFC
  • Logo Unilever
  • Logo Garuda Indonesia