Apa Itu Business Model ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Business Model adalah suatu cara yang digunakan oleh suatu bisnis untuk menghasilkan pendapatan, yang mencakup bagaimana bisnis memasarkan produk atau jasa, menetapkan harga, menarik pelanggan, mengatur biaya untuk mendukung bisnis, dan mendapatkan laba. Business model juga mencakup strategi perusahaan untuk menghasilkan uang, meningkatkan nilai, dan menciptakan pengalaman pelanggan menarik. Secara keseluruhan, model bisnis menetapkan tata letak tentang bagaimana bisnis akan tumbuh, berkembang, dan beroperasi.

Jenis - Jenis Business Model

  • Business to Business (B2B): Model bisnis dimana komunikasi dan transaksi dilakukan antara dua atau lebih organisasi.
  • Business to Consumer (B2C): Model bisnis dimana komunikasi dan transaksi dilakukan antara organisasi dan pelanggan.
  • Consumer to Consumer (C2C): Model bisnis dimana komunikasi dan transaksi dilakukan antara pelanggan dengan pesaing lainnya.
  • Consumer to Business (C2B): Model bisnis dimana komunikasi dan transaksi dilakukan antara pelanggan dan organisasi.
  • Business to Administration (B2A): Model bisnis dimana komunikasi dan transaksi dilakukan antara organisasi dan pemerintah.
  • Advertising Model: Model bisnis dimana perusahaan berfokus pada penjualan produk atau layanan berbasis iklan.
  • Drop Shipping Model: Model bisnis dimana perusahaan mengatur penjualan produk tetapi tidak memilikinya sendiri.
  • Subscription Model: Model bisnis dimana pelanggan dikenakan biaya berulang untuk layanan konten atau produk tertentu.
  • Freemium Model: Model bisnis dimana perusahaan menawarkan produk gratis dengan menambahkan produk atau layanan berbayar.
  • Affiliate Model: Model bisnis dimana orang menjual produk atau layanan milik orang lain dan menerima komisi untuk penjualannya.

Contoh - Contoh Business Model

  • Business to Consumer (B2C)
  • Business to Business (B2B)
  • Consumer to Consumer (C2C)
  • Mobile Commerce (M-Commerce)
  • Affiliate Marketing
  • Drop Shipping
  • Subscription Model
  • Business to Consumer (B2C) : adalah model bisnis yang memfokuskan pada interaksi antara bisnis dan konsumen
  • Business to Business (B2B) : adalah model bisnis yang memfokuskan pada interaksi antara satu bisnis dengan bisnis lainnya.
  • Consumer to Consumer (C2C) : adalah model bisnis yang memfokuskan pada interaksi antara konsumen dan konsumen.
  • Mobile Commerce (M-Commerce) : adalah model bisnis yang memfokuskan pada penjualan dan pembelian barang dan jasa melalui perangkat seluler.
  • Affiliate Marketing : adalah model bisnis yang memfokuskan pada pemasaran produk dan layanan melalui pennjualan yang dilakukan oleh website pihak ketiga.
  • Drop Shipping : adalah model bisnis yang memfokuskan pada penjualan produk tanpa harus memiliki stok produk.
  • Subscription Model : adalah model bisnis yang memfokuskan pada layanan berlangganan, dimana konsumen harus membayar sejumlah biaya bulanan atau tahunan untuk mendapatkan produk atau layanan.