Apa Itu Birokrat ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Birokrat adalah seseorang yang menjabat posisi atau jabatan dalam sebuah organisasi, baik pemerintah, organisasi bisnis, maupun organisasi sosial. Birokrat akan mengurusi berbagai tugas yang memerlukan prosedur, aturan, dan tatanan tertentu yang disebut dengan tata tertib birokrasi. Birokrat biasanya bertugas menjalankan berbagai tata tertib birokrasi, membuat laporan, atau mengawasi bahwa semua prosedur dan ketentuan dilakukan sesuai dengan peraturan yang ada. Birokrat juga menyelesaikan berbagai masalah yang ada dengan menggunakan bantuan dari berbagai unit organisasi. Mereka juga dapat membantu mendukung kegiatan, inisiatif dan program yang dikembangkan oleh organisasi. Sebagian besar birokrat bekerja secara profesional dan memiliki semangat untuk melayani publik.

Jenis - Jenis Birokrat

  • Kepala Badan
  • Pegawai Negara
  • Pegawai Daerah
  • Polisi Negara
  • Pengacara Negara
  • Notaris
  • Staf Politik
  • Konsultan Politik
  • Peneliti dan Analis Politik
  • Pengawas Pelayanan Publik

Contoh - Contoh Birokrat

  • Pejabat Pemerintah
  • Kepala Kantor
  • Kepala Cabang
  • Kepala Biro
  • Kepala Departemen
  • Kepala Seksi
  • Kepala Bagian
  • Kepala Subbagian
  • Pegawai Tingkat Lanjut
  • Pegawai Tingkat Menengah
  • Pegawai Tingkat Dasar