Apa Itu Analisis Pasar ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Analisis pasar adalah proses menganalisis informasi tentang pelanggan, produk, kompetitor, dan situasi pasar lainnya guna memahami dan mengevaluasi kecenderungan, kesempatan, dan kebutuhan pasar. Analisis pasar bertujuan untuk memecahkan masalah bisnis dan membuat keputusan bisnis yang tepat berdasarkan informasi yang tersedia. Analisis pasar membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang konsumen, pasar, dan industri. Analisis pasar dapat menyarankan tindakan yang dapat diterapkan untuk menarik pelanggan, meningkatkan penjualan, membuka peluang ekspansi dan banyak lagi.

Jenis - Jenis Analisis Pasar

  • Analisis Segmentasi Pasar
  • Analisis Kompetitif
  • Analisis Produk dan Konsep
  • Analisis Penilaian Pelanggan
  • Analisis Pengetahuan Pelanggan
  • Analisis Harga
  • Analisis Struktur Pasar
  • Analisis Distribusi
  • Analisis Kebutuhan Pasar
  • Analisis Ekuilibrium Harga

Contoh - Contoh Analisis Pasar

  • Mengidentifikasi lokasi pasar dan segmentasi demografis.
  • Menganalisis kondisi bisnis dan industri yang ada.
  • Mengevaluasi data pasar yang tersedia.
  • Memeriksa keunggulan kompetitif dan kelemahan pesaing.
  • Mengidentifikasi tren industri yang berkembang.
  • Memverifikasi kebutuhan konsumen dan preferensi.
  • Memberikan estimasi pangsa pasar potensial.
  • Mengkaji pengaruh regulasi terhadap bisnis dan produk.
  • Membandingkan investasi untuk proyek-proyek berbeda.
  • Memonitor kinerja pasar secara terus-menerus.