Apa Itu Analisis Kompetitor ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Analisis kompetitor adalah proses menganalisis langkah-langkah yang diambil oleh para pesaing dalam memasarkan produk atau layanan mereka ke pasar. Proses ini biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk menentukan strategi dan tindakan yang akan diambil untuk bersaing di pasar. Proses ini juga digunakan untuk menganalisa produk atau layanan pesaing, termasuk harga, promosi, distribusi, inovasi, tren pasar, dan juga kebijakan mereka. Dengan melakukan analisis kompetitor, perusahaan dapat mengetahui strategi yang tepat untuk bersaing di pasar dan membuat keputusan yang lebih sukses.

Jenis - Jenis Analisis Kompetitor

  • Analisis Pesaing Fans
  • Analisis Konten Pesaing
  • Analisis Pemasaran Pesaing
  • Analisis Kompetitor Offline
  • Analisis Kompetitor Online
  • Analisis Biaya Pesaing
  • Analisis Produk Pesaing
  • Analisis Perilaku Pelanggan Pesaing

Contoh - Contoh Analisis Kompetitor

  • Melakukan analisis pada produk rival
  • Membandingkan tingkat harga dan kualitas produk kompetitor
  • Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan pesaing
  • Menganalisis jumlah penjualan dan kinerja dari produk kompetitor
  • Mempelajari strategi pasar dan kampanye promosi yang digunakan oleh pesaing
  • Memonitor tren pasar untuk produk bersaing dengan melacak berita dan perubahan teknologi terbaru