Apa Itu Analisis Kinerja Bisnis ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Analisis Kinerja Bisnis adalah proses yang digunakan untuk menilai kinerja bisnis yang diukur dengan perbandingan data historis dan data saat ini atau profil unik dari kegiatan investasi, operasi, dan market. Dengan menggunakan metode ini, kinerja bisnis dapat diukur secara obyektif oleh berbagai pihak untuk memudahkan pembuatan keputusan yang tepat. Analisis kinerja bisnis dapat memfasilitasi optimalisasi pertumbuhan, kinerja, dan hasil. Ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja dan pencapaian yang diinginkan. Metode analisis kinerja bisnis mencakup trend analisis, analisis rasio, komponen dan variabel analisis, benchmarking, dan analisis keuangan.

Jenis - Jenis Analisis Kinerja Bisnis

  • Analisis Risiko Bisnis
  • Analisis Kebutuhan Pelanggan
  • Analisis Produktivitas dan Kinerja
  • Analisis Pemasaran dan Keuntungan
  • Analisis Efisiensi dan Biaya
  • Analisis Struktur dan Proses Bisnis
  • Analisis Kompetitif dan Pasar
  • Analisis Teknologi dan Sistem

Contoh - Contoh Analisis Kinerja Bisnis

  • Analisis Pertumbuhan Pendapatan – mengidentifikasi tren/polaritas meningkat/mengurangi, membandingkan pendapatan bulanan/tahunan berdasarkan divisi dan produk, dan mengevaluasi prospek bisnis dengan melihat tanggapan atas pengembangan produk yang berbeda.
  • Analisis Biaya Pengeluaran – secara kualitatif dan kuantitatif membandingkan biaya pengeluaran untuk setiap divisi bisnis, memastikan bahwa pengeluaran adalah sesuai dengan output yang diharapkan tanpa mengganggu margin laba.
  • Analisis Kompetisi – mempelajari aktivitas kompetisi, menilai situasi pasar; mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan saingan, dan menetapkan strategi yang memungkinkan perusahaan memenangkan kompetisi dengan mempertahankan keunggulan bersaing.
  • Analisis Produk – menilai daftar produk yang tersedia untuk mengkonfirmasi bahwa ini sesuai dengan harapan konsumen, mempertimbangkan promosi produk, dan memastikan bahwa produk tersebut tidak lebih tua daripada saingan.
  • Analisis Layanan Pelanggan – menganalisis tingkat layanan pelanggan yang diterima, termasuk jumlah masalah yang paling sering terjadi, kepuasan pelanggan, dan rekaman keluhan layanan.