Apa Itu Afiliasi Pemasaran (affiliate Marketing) ? Pengertian, Jenis & Contohnya

Afiliasi pemasaran (affiliate marketing) adalah suatu bentuk e-marketing yang menggunakan teknik pemasaran beragensi, di mana afiliasi (affiliate) mempromosikan produk atau layanan tertentu yang dipasarkan melalui media online (website, blog, email dan Facebook). Afiliasi dibayar berdasarkan jumlah lalu lintas atau jumlah pelanggan yang ditujukan kepada pedagang oleh afiliasi tersebut. Jika pelanggan mengklik link afiliasi dan membeli produk yang dipromosikan, afiliasi akan mendapatkan komisi. Pemilik produk atau jasa biasanya menyediakan link khusus yang akan digunakan oleh para afiliasinya.

Jenis - Jenis Afiliasi Pemasaran (affiliate Marketing)

  • Afiliasi CPA (Cost per Action) / Pemasaran Biaya berdasarkan Aksi
  • Afiliasi CPL (Cost per Lead) / Pemasaran Biaya berdasarkan Lead
  • Afiliasi CPS (Cost per Sale) / Pemasaran Biaya berdasarkan Penjualan
  • Afiliasi PPC (Pay per Click) / Pemasaran Bayar per Klik
  • Afiliasi PPI (Pay Per Impression) / Pemasaran Berbayar berdasarkan Impresi
  • Afiliasi PPV (Pay Per View) / Pemasaran Bayar per Tampilan
  • Afiliasi RevShare (Revenue Sharing) / Pembagian Pendapatan

Contoh - Contoh Afiliasi Pemasaran (affiliate Marketing)

  • Menyebarkan tautan afiliasi melalui posting di blog atau social media seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.
  • Menyebarkan tautan afiliasi melalui email marketing.
  • Menyebarkan tautan afiliasi melalui banner iklan web atau blog.
  • Menyebarkan tautan afiliasi melalui iklan pay-per-click (PPC).
  • Menyebarkan tautan afiliasi melalui pengiklanan video.
  • Menyebarkan tautan afiliasi melalui teks berbentuk link di forum online.
  • Menyebarkan tautan afiliasi melalui program referral.
  • Menyebarkan tautan afiliasi melalui iklan display (banner) di situs web atau aplikasi lainnya.
  • Menawarkan konten berkualitas yang berisi tautan afiliasi.